Begini Cara Bikin Iklan TikTok yang Bisa Nge-Boost Penjualan

Cara Bikin Iklan Tiktok Yang Bisa Nge-Boost Penjualan
Cara Bikin Iklan TikTok yang Bisa Nge-Boost Penjualan

TikTok itu seru banget, kan? Banyak video-video lucu, kreatif, dan informatif yang bisa kita tonton di sana. Gak heran, TikTok jadi salah satu platform media sosial yang paling populer sekarang. Ada lebih dari 800 juta orang yang aktif di TikTok setiap bulannya. Wow!

Nah, buat kamu yang punya bisnis, TikTok bisa jadi tempat yang oke buat promosi. TikTok punya fitur iklan yang keren-keren dan bisa bikin orang tertarik sama produk atau layanan kamu. Dengan iklan TikTok, kamu bisa ngenalin merek kamu ke jutaan orang, narik pengunjung ke website atau aplikasi kamu, dan tentunya nambahin penjualan kamu.

Tapi, gimana sih cara bikin iklan TikTok yang bagus? Apa aja yang perlu kamu perhatiin? Tenang, di artikel ini kita bakal bahas semuanya. Kita juga bakal kasih infografis yang ringkas dan mudah dipahami buat ngasih tips dan trik buat bikin iklan TikTok yang efektif. Yuk, simak selengkapnya!

Apa Itu Iklan TikTok?

Iklan TikTok itu iklan video yang muncul di halaman For You pengguna TikTok. Halaman For You itu halaman utama TikTok yang nampilin video-video yang sesuai sama minat dan selera pengguna. Jadi, kalo kamu beriklan di halaman For You, kamu bisa nyampein pesan kamu ke banyak orang yang mungkin suka sama produk atau layanan kamu.

Di TikTok, ada beberapa jenis iklan yang bisa kamu pilih, seperti:

  • In-feed video
    Iklan video yang durasinya 5-60 detik dan muncul di antara video-video biasa di halaman For You. Iklan ini bisa ada tombolnya yang ngajak orang buka website, aplikasi, atau halaman khusus kamu.
  • Brand takeover
    Iklan video atau gambar yang durasinya 3-5 detik dan muncul pas orang baru buka aplikasi TikTok. Iklan ini juga bisa ada tombolnya yang ngajak orang buka website, aplikasi, atau halaman khusus kamu, atau ke video in-feed lainnya.
  • Hashtag challenge
    Iklan yang ngajak orang ikutan tantangan seru yang berhubungan sama merek kamu. Iklan ini muncul di halaman Discovery TikTok dan ada label sponsornya. Iklan ini juga punya halaman sendiri yang jelasin detail tantangannya, video-video dari orang lain yang ikutan, dan tombolnya.
  • Branded AR
    Iklan yang bikin orang bisa main-main sama merek kamu lewat filter, stiker, atau efek augmented reality (AR) yang dibikin khusus. Iklan ini bisa bikin orang makin betah dan seneng sama merek kamu.
  • TopView ads
    Iklan video yang durasinya sampe 60 detik dan muncul setelah brand takeover pas orang baru buka aplikasi TikTok. Iklan ini bisa ada suaranya, tombolnya, dan linknya ke halaman khusus atau video in-feed lainnya.
Baca Juga :   Cara Melamar Kerja di Indomaret Agar Mudah Diterima

Kenapa Harus Beriklan di TikTok?

Ada banyak alasan kenapa kamu harus beriklan di TikTok:

  1. Nyampein pesan ke audiens yang banyak dan aktif
    TikTok punya lebih dari 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia, dengan kebanyakan usianya 16-34 tahun. Pengguna TikTok juga suka banget nonton video di sana. Rata-rata mereka nonton 200 video per hari dan habisin waktu 52 menit per hari di aplikasi ini. Dengan beriklan di TikTok, kamu bisa nyampein pesan kamu ke audiens yang banyak dan aktif yang mungkin gak bisa kamu temuin di platform media sosial lainnya.
  2. Ngenalin merek kamu
    TikTok itu platform yang isinya konten-konten kreatif dan viral. Jadi, kalo kamu bikin iklan yang menarik, informatif, dan menghibur, kamu bisa ngenalin merek kamu ke pengguna TikTok. Kamu juga bisa manfaatin fitur-fitur kayak hashtag challenge dan branded AR buat bikin orang makin tertarik dan suka sama merek kamu.
  3. Narik pengunjung dan penjualan
    Iklan TikTok bisa ada tombolnya yang ngajak orang buka website, aplikasi, atau halaman khusus kamu. Kamu juga bisa manfaatin fitur video shopping ads, yang bikin kamu bisa nunjukin produk kamu langsung di video TikTok dan ngajak orang beli dengan cuma nge-tap sekali. Dengan cara ini, kamu bisa narik pengunjung dan penjualan dari TikTok.

Gimana Cara Bikin Iklan TikTok?

Buat bikin iklan TikTok, kamu perlu bikin akun TikTok Ads Manager dulu. TikTok Ads Manager itu platform yang bikin kamu bisa bikin, atur, dan optimasi iklan TikTok kamu. Kamu bisa daftar buat TikTok Ads Manager di sini: https://ads.tiktok.com.

Setelah kamu bikin akun TikTok Ads Manager, kamu bisa mulai bikin iklan TikTok kamu. Ini langkah-langkahnya:

  1. Bikin Campaign Baru
    Campaign itu tingkat paling atas dari struktur iklan TikTok. Di sini, kamu bisa tentuin tujuan iklan kamu, kayak ngenalin merek kamu, narik pengunjung, atau nambahin penjualan. Kamu juga bisa tentuin anggaran iklan kamu, mau berapa banyak dan berapa lama.
  2. Tentuin Pengaturan Ads Group
    Ad group itu tingkat kedua dari struktur iklan TikTok. Di sini, kamu bisa tentuin tempat iklan kamu, mau muncul di platform mana aja, kayak TikTok, Vigo Video, Helo, atau Pangle. Kamu juga bisa tentuin target audiens kamu, mau nyampein pesan ke orang yang kayak gimana. Selain itu, kamu juga bisa tentuin budget dan schedule ad group kamu, mau ngabisin berapa banyak dan kapan aja uang buat iklan kamu. Terakhir, kamu juga bisa tentuin strategi bidding kamu, mau bayar berapa banyak buat setiap tayangan, klik, atau penjualan iklan kamu.
  3. Pasang TikTok ads
    TikTok ad itu tingkat terakhir dari struktur iklan TikTok. Di sini, kamu bisa bikin dan upload video iklan kamu. Video iklan kamu harus durasinya 5-60 detik dan ukurannya 9:16 (vertikal) atau 1:1 (persegi). Video iklan kamu juga harus ada suaranya yang jelas dan sesuai sama aturan konten TikTok. Selain video iklan, kamu juga bisa nambahin elemen-elemen lain kayak nama merek, gambar profil, teks iklan, tombol panggilan untuk bertindak, dan link halaman khusus.
Baca Juga :   Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi

Setelah kamu selesai bikin iklan TikTok kamu, kamu bisa liat pratinjau dan kirim buat ditinjau sama tim TikTok. Kalo iklan kamu disetujui, maka iklan kamu bakal mulai muncul di halaman For You pengguna TikTok.

Tips dan Trik buat Bikin Iklan TikTok yang Efektif

Ini beberapa tips dan trik buat bikin iklan TikTok yang efektif:

  1. Sesuaiin Sama Gaya dan Nada TikTok
    TikTok itu platform yang isinya konten kreatif dan viral. Jadi, iklan TikTok kamu harus sesuai sama gaya dan nada TikTok, yaitu santai, asli, dan seru. Jangan pake iklan yang terlalu formal, ngebosenin, atau ngejual. Lebih baik pake iklan yang nunjukin sisi unik merek kamu, kasih manfaat buat orang, dan bikin orang senyum-senyum.
  2. Pake Hook yang Keren
    Hook itu elemen yang bikin orang penasaran dan pengen nonton video iklan kamu sampe abis. Hook bisa berupa judul yang menarik, gambar yang mencolok, musik yang asyik, atau pertanyaan yang bikin mikir. Hook harus muncul di awal video iklan kamu, paling bagus dalam 3 detik pertama.
  3. Sampein Pesan Utama dengan Cepet
    Orang-orang di TikTok biasanya gak sabaran. Jadi, iklan TikTok kamu harus sampein pesan utama dengan cepet dan jelas. Jangan nunda-nunda atau simpen info penting di akhir video. Lebih baik langsung kasih tau orang apa yang kamu tawarin, kenapa itu bagus, dan gimana cara dapetinnya dalam waktu singkat.
  4. Pake Call to Action yang Jelas
    Call to action itu elemen yang ngajak orang buat ngelakuin sesuatu setelah nonton video iklan kamu. Call to action bisa berupa tombol, teks, atau suara yang ngarahin orang buka website, aplikasi, atau halaman khusus kamu. Call to action harus jelas, spesifik, dan gampang diikutin. Misalnya, “Klik di sini buat dapet diskon 50%”, “Download aplikasinya sekarang dan dapet bonus 100 koin”, atau “Ikutan hashtag challenge kita dan menangin hadiah keren”.
  5. Manfaatin Fitur-Fitur TikTok
    TikTok punya fitur-fitur yang bisa bantuin kamu bikin iklan yang lebih kreatif dan interaktif. Misalnya, kamu bisa pake hashtag challenge buat ngajak orang ikutan tantangan seru yang berhubungan sama merek kamu. Kamu juga bisa pake branded AR buat bikin orang bisa main-main sama merek kamu lewat filter, stiker, atau efek augmented reality yang dibikin khusus. Selain itu, kamu juga bisa pake video shopping ads buat nunjukin produk kamu langsung di video TikTok dan ngajak orang beli dengan cuma nge-tap sekali.
Baca Juga :   Cara Transfer Kuota Indosat Ooredoo

Kesimpulan

TikTok itu platform media sosial yang seru banget. Dengan lebih dari 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok bisa jadi tempat yang oke buat promosi. TikTok punya fitur iklan yang keren-keren dan bisa bikin orang tertarik sama produk atau layanan kamu. Dengan iklan TikTok, kamu bisa ngenalin merek kamu ke jutaan orang, narik pengunjung ke website atau aplikasi kamu, dan tentunya nambahin penjualan kamu.

Buat bikin iklan TikTok, kamu perlu bikin akun TikTok Ads Manager dulu. Terus, kamu bisa bikin campaign, ad group, dan TikTok ad sesuai sama tujuan, target audiens, budget, schedule, dan strategi bidding kamu. Kamu juga bisa manfaatin fitur-fitur TikTok kayak hashtag challenge, branded AR, dan video shopping ads buat bikin iklan yang lebih kreatif dan interaktif.

Buat bikin iklan TikTok yang bagus, kamu perlu sesuaiin sama gaya dan nada TikTok, pake hook yang keren, sampein pesan utama dengan cepet, pake call to action yang jelas, dan manfaatin fitur-fitur TikTok.

Nah, itu dia artikel kita tentang gimana sih cara bikin iklan TikTok yang bisa nge-boost penjualan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Kalo kamu pengen beriklan di TikTok, hubungi aja kita di [nomor telepon/email]. Kita siap bantuin kamu bikin iklan TikTok yang sesuai sama kebutuhan dan tujuan bisnis kamu.

Makasih ya udah baca artikel kita. Jangan lupa buat share artikel ini ke temen-temen kamu yang mungkin butuh. Sampai ketemu di artikel selanjutnya! ?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *