Tips Menghemat Token Listrik di Rumah

Sekarang ini listrik menjadi kebutuhan yang sangkat penting, dimana barang-barang rumah tangga banyak yang harus menggunakan listrik untuk mengoperasikannya.

Dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat saat ini sehingga listrik dirumah-rumah sudah menggunakan token listrik. Adanya teknologi ini membantu Anda untuk memantau penggunaan listrik harian bahkan bulanan Anda. Sehingga Anda tau harus menghemat token listrik di rumah jika merasa boros penggunaanya.

Untuk meminimalisir anggaran bulanan listrik, kamu harus bisa menghemat penggunaan listrik harian. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Atur Pemakaian Perangkat Berdaya Besar

Dizaman sekarang ini banyak peralatan dirumah yang membutuhkan listrik dan membutuhkan daya besar. Seperti AC, Mesin Cuci, Oven dan Microwave.

Peralatan rumah tangga tersebut perlu diatur penggunaanya supaya dapat menghemat token listrik.

2. Cabut Colokan (Steker Listrik) Bila Tidak Digunakan

Kebiasaan buruk yang mungkin kamu Anda sadari adalah membiarkan steker atau colokan listrik menempel pada sumber arus listrik.

Contohnya seperti charger smartphone, meskipun tidak sedang digunakan namun aliran listriknya terus berjalan. Begitu juga dengan mode WIFI yang mampu menghabiskan daya listrik hingga 4 watt per jam.

Jadi untuk itu jika pralatan yang sudah dipakai sebaiknya dicabut saja dari sumber arus listrik.

3. Menggunakan Lampu LED

Cara ampuh menghemat listrik di rumah adalah dengan menggunakan lampu LED, dikarenakan LED mengkonsumsi daya lebih rendah dari lampu biasa yang Anda gunakan.

Seperti yang kita ketahui jika lampu LED itu harganya cukup mahal, tetapi masa pakainya pun cukup panjang jika dibandingkan dengan lampu biasa. Selain itu juga penggunaan lampu LED mengkonsumsi listrik lebih rendah.

4. Mematikan Perangkat Yang Sudah Digunakan

Banyak orang yang lupa mematikan lampu walau sudah siang hari, begitu juga dengan televisi walau sudah tidak digunakan lagi. Padahal dengan mematikan perangkat ini mampu menekat menggunakan listrik sehingga menghemat token listrik yang digunakan.

Untuk itu jangan lupa mematikan perangkat ketika sudah tidak digunakan lagi. atau bisa juga menggunakan teknologi terbaru untuk mengatur perangkat-perangkat tersebut sehingga akan mati ketika sudah tidak digunakan lagi.

5. Lakukan Penghematan Listrik Bersama Keluarga

Setelah Anda berhasil melakukan cara-cara diatas, ajak juga anggota keluarga lainnya untuk melakukan hal yang sama dengan Anda lakukan untuk menghemat penggunaan listrik dirumah.

Itulah 5 cara menghemat token listrik yang bisa Anda lakukan, hal ini jika Anda lakukan dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda dan menjaga kesehatan finansial keluarga Anda juga.

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat, terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *