Pembuatan WebsiteBuat blog WordPress dengan harga terjangkau

Cara Membuat Sticker WhatsApp

Pernahkah Kamu berfikir untuk membuat sticker WA sendiri menggunakan foto teman – teman, pacar, keluarga atau bahkan foto Kamu sendiri? Jika iya, maka artikel ini cocok untuk Kamu simak, karena kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat sticker WhatsApp tanpa aplikasi dan dengan aplikasi.

Dahulu, WhatsApp hanyalah aplikasi yang digunakan untuk chatting dan bertelepon. Seiring dengan berjalannya waktu, kini WhatsApp mengalami perkembangan yang cukup pesat mulai dari adanya fitur video call, status, dark mode, hingga fitur sticker. 

Saat ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur sticker WhatsApp bukan? WhatsApp sudah memberikan fitur ini secara default dan sudah tersedia cukup banyak macam – macam sticker WA yang sangat menarik untuk digunakan.

Namun, terkadang sticker – sticker yang tersedia terasa membosankan dan tidak cocok untuk menggambarkan perasaan yang dirasakan pengguna saat chatting. Itulah mengapa banyak orang yang ingin membuat stiker sendiri atau sekedar mencari stiker lain yang cocok dengan suasana hati mereka. 

Ada dua cara yang akan kami bagikan yaitu cara membuat sticker tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi. Berikut ini penjelasannya.

Cara Membuat Stiker WhatsApp tanpa Aplikasi

1. Pertama – tama, silahkan buka aplikasi WhatsApp kamu seperti biasa.

2. Jika aplikasi WhatsApp sudah terbuka, maka selanjutnya bukalah ruang obrolan  kamu dengan lawan chat  kamu, lalu klik kolom typing.

3. Nantinya, akan muncul keyboard di layar kamu dan ikon emoji. Silahkan untuk meng-klik ikon emoji tersebut. Perhatikan bagian bawah tengah. Di samping ikon gift terdapat ikon sticker. Di situlah tempat dimana kamu akan mendapatkan stiker gratis.

Baca Juga :   Transfer Uang Dari OVO Ke BSI

4. Setelah ikon stiker di klik, nanti akan muncul riwayat sticker yang pernah kamu gunakan. Nah perhatikan bagian kanan atas. Disana terdapat ikon “+”. Ikon tersebut bisa kamu gunakan untuk menambahkan atau membuat stiker baru.

5. Setelah di klik akan muncul beberapa stiker menarik yang bisa kamu tambahkan di WhatsApp  kamu. Untuk bisa menggunakannya, silahkan di download lebih dulu dengan meng-klik ikon download.

Cara diatas memang tidak akan bisa membuat foto kamu, foto teman – teman kamu atau foto bebas lainnya menjadi sticker. Namun, bisa menjadi alternatif jika kamu sudah jenuh dengan stiker – stiker yang sudah ada dan ingin menggunakan stiker lainnya karena kita hanya bisa memanfaatkan starter pack stiker yang sudah disediakan developer. 

Untuk membuat stiker WhatsApp menjadi lebih unik dan menarik, misalnya menggunakan foto teman atau orang – orang terdekatmu, memang tidak ada cara lain lagi selain dengan menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga.  Kamu bisa mencoba cara ke dua ini sebagai alternatifnya. 

Cara Membuat Sticker WhatsApp Dengan Menggunakan Aplikasi 

Nah, jika kamu ingin membuat stiker WhatsApp yang lebih unik lagi seperti menggunakan foto kamu sendiri atau foto teman – teman  kamu.  Maka gunakan aplikasi Sticker.ly, yang merupakan aplikasi populer untuk membuat sticker WhatsApp dan telah diunduh oleh 100 juta pengguna di Google Play Store.

Selain bisa digunakan sebagai pembuat stiker, aplikasi ini juga menyediakan koleksi stiker yang bisa langsung dipakai oleh para penggunanya. Lalu, kamu juga bisa mem-publish sticker buatanmu supaya bisa dilihat oleh khalayak umum.

Namun, jika sticker mu tidak ingin dilihat oleh banyak orang, kamu bisa mengaturnya untuk mem-privat stiker tersebut. Berikut cara membuat sticker dengan aplikasi sticker.ly.

Baca Juga :   Cara Top Up OVO Lewat BNI Mobile

1. Install Aplikasi Sticker.ly

Untuk menginstal aplikasi ini, pertama – tama kalian harus membuka Play Store dan ketikan pada kolom pencarian “Sticker.ly”. Ikon aplikasi ini berwarna biru dengan emoji tersenyum berwarna putih. Jika sudah ketemu, langsung saja download dan Install aplikasi tersebut di smartphone Kamu.  

2. Cara Membuat sticker dengan sticker.ly

Jika aplikasinya sudah terinstal, maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut untuk membuat sticker.

  1. Pertama – tama, Kamu akan disuruh register atau log in lebih dulu menggunakan akun Google atau Facebook. Namun, Kamu bisa melewatkannya dengan klik “lain kali” di pojok kanan atas.
  2. Masuk ke halaman awal, kamu akan Kamu akan disambut dengan ratusan konten sticker dari berbagai kreator. Jika kamu ingin menambahkan stiker nya ke WhatsApp, silahkan klik tombol “add”.
  3. Selain menambahkan stiker yang sudah dibuat para kreator, kamu juga bisa membuat stiker kamu sendiri dengan cara klik ikon “+” yang sudah ada pada aplikasi.

Sebelum mengklik ikon “+” sebaiknya Kamu edit dulu fotonya serapi mungkin dengan aplikasi edit foto seperti PicsArt, background erase, dan pic say pro jika menginginkan hasil yang maksimal. 

Namun, jika Kamu ingin segera memakainya dan tidak memerlukan banyak pengeditan, Kamu bisa langsung pilih foto yang ada di galeri.  

  1. Setelah klik tombol “+” Kamu akan diarahkan pada galeri untuk memilih foto mana yang akan dijadikan stiker.
  2. Terkadang gambar yang kita pilih untuk dijadikan stiker ukurannya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Maka dari itu, aplikasi ini memberikan fitur “crop” untuk menyesuaikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan Kamu.
  3. Setelah di crop, Kamu bisa merapikan gambar dengan cara menghilangkan elemen – elemen yang tidak penting seperti background misalnya.
Baca Juga :   Cara Top Up Dan Cek Saldo E Money Mandiri

Menghilangkan background dengan aplikasi sticker.ly hasilnya memang akan terasa kurang maksimal karena akan menjadi kurang rapi. Untuk menyiasati nya, Kamu bisa menggunakan aplikasi lainnya untuk merapikan background, misalnya PicsArt, background erase, picsay pro, dan sebagainya.  

  1. Jika Kamu sudah merasa puas dengan editan foto yang akan dijadikan stiker, selanjutnya tinggal klik “apply” yang ada di sisi kanan bawah layar.
  2. Kamu bisa menambahkan tags atau keyword untuk memudahkan pencarian sticker. Namun, jika Kamu tidak ingin melakukannya, tidak  menjadi masalah.
  3. Jika sudah yakin, silahkan klik tombol “save
  4. Setelah klik save, silahkan beri nama stiker tersebut lalu beri nama kamu sebagai pembuatnya. Jangan lupa juga aktifkan fitur “allow search” supaya orang – orang bisa menemukan stiker kamu dan bisa menggunakannya. Namun, jika kamu tidak ingin orang lain menemukan stiker buatan mu, kamu bisa menonaktifkannya.
  5. Sampai di sini, stiker Kamu sudah jadi. Namun, Kamu harus melanjutkan pembuatan stiker hingga 3 buah supaya bisa dibagikan ke sesama pengguna WhatsApp. Jika sudah selesai membuat 3 buah sticker, selanjutnya klik “Add to WhatsApp”  

Sebenarnya masih ada aplikasi lainnya untuk membuat sticker WhatsApp seperti misalnya 10 Sticker Packs for WA dengan keunggulannya yang bisa membuat sticker kartun unik dan kocak

Lalu ada juga Sticky AI Beta yang sudah dilengkapi AI sehingga akan memudahkan Kamu membuat sticker, bahkan untuk pemula yang jarang menggunakan aplikasi desain.

Kesimpulan

Seperti itulah cara membuat stiker WhatsApp tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Apakah Kamu tertarik untuk mencobanya? Selamat Mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *