Pembuatan WebsiteBuat blog WordPress dengan harga terjangkau

Penyebab Headset Mati Sebelah

Headset biasanya digunakan saat kita mendengarkan musik, menonton film, bermain game atau melakukan komunikasi melalui ponsel maupun laptop. Sayangnya, headset bisa mengalami kerusakan dengan penyebab headset mati sebelah yang berbeda-beda.

Meskipun satu sisi headset masih berfungsi dengan baik, tapi menggunakan headset yang mati sebelah tentu tidak nyaman. Untuk itu, Anda harus segera mengetahui penyebabnya baru kemudian tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Headset Mati Sebelah

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab headset mati sebelah, mulai dari kabel yang ketarik, tidak tepat dalam menyimpan headset, tertekan atau terjatuh hingga penggunaan headset yang sudah lama sehingga muncul masalah pada fungsinya. 

Dari semua penyebab ada, ternyata ada dua penyebab umum yang mengakibatkan headset mati sebelah, yaitu:

1. Kerusakan Kabel

Kerusakan yang pertama ini umum terjadi pada headset berkabel jadi tidak mungkin terjadi pada headset bluetooth yang tidak memiliki kabel. Kabel yang panjang terkadang membuat kita menarik atau melipat kabel tersebut secara sembarangan. 

Jika kabel yang mengalami masalah hanya pada satu sisi headset, maka hanya headset sisi tersebut yang akan bermasalah atau mati. Namun, jika bagian kabel yang rusak ada di bagian bawah, bukan cabang, bisa jadi kedua sisi tersebut akan rusak. 

Baca Juga :   Cara Menaikkan Limit Kredivo Mudah dan Cepat

Kerusakan pada kabel bisa terjadi secara kasat mata karena kerusakan ada di bagian dalam, tapi bisa saja kabel salah satu sisi headset putus atau mengelupas. Jadi, Anda harus pintar-pintar untuk menelusuri penyebab mengapa headset mati sebelah.

2. Kerusakan Bagian Speaker

Selain kabel, kerusakan headset paling banyak dijumpai karena adanya kerusakan pada bagian speaker. Dalam kondisi tertentu, kabel headset baik-baik saja, tapi justru bagian speaker yang mengalami masalah sehingga salah satu sisi headset mati. 

Biasanya, hal ini disebabkan karena headset tertindih atau terjatuh sehingga membuat komponen di bagian dalam speaker headset mengalami kerusakan. Misalnya saja, bagian kiri headset tertindih kursi, maka kemungkinan sisi headset itu yang error.

Sebelumnya, mungkin Anda akan mendengarkan suara yang tidak begitu jelas atau masalah pada suara dari salah satu sisi headset. Itu bisa menjadi tanda bahwa headset sedang mengalami kerusakan hingga akhirnya tidak memunculkan suara lagi. 

Jika Anda menjumpai headset mati sebelah, maka jangan langsung membuangnya karena ada cara untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, mari kita lanjut ke pembahasan cara mengatasi headset mati sebelah berikut ini. 

Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah

Berikut ini adalah cara mengatasi headset mati sebelah karena kerusakan pada kabel headset.

  1. Lihat posisi kerusakan pada headset, misalnya kabel terkelupas. 
  2. Kelupas bagian kabel yang mengalami kerusakan secara memanjang sekitar 5cm dan pastikan tidak ada bagian kabel yang terputus.
  3. Sambungkan kabel yang putus menggunakan selotip bening atau selotip hitam.
  4. Tes apakah kabel sudah bisa berfungsi baik di HP. 
Baca Juga :   Website Anime Sub Indo

Berikut ini adalah cara mengatasi headset mati sebelah karena kerusakan pada speaker headset.

  1. Buka bagian speaker headset dan cek bagian dalam, apakah ada ujung kabel yang terputus. 
  2. Solder bagian terputus dengan hati-hati dan tunggu sampai timah kering.
  3. Tutup kembali dan tes apakah headset sudah bisa berfungsi baik. 

Cara berdasarkan penyebab headset mati sebelah ini bisa jadi solusi sebelum Anda membuangnya begitu saja. Namun, jika memang fungsi headset tidak bisa kembali seperti semula, rasanya Anda harus membeli headset yang baru.

Penutup

Pantau terus blog GIZNET.ID agar kamu mendapatkan update tutorial dan info menarik lainnya yang akan selalu kami perbaharui di sini dengan cara tekan tombol Izinkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *