Pembuatan WebsiteBuat blog WordPress dengan harga terjangkau

Untung Mana Investasi Emas Atau Reksa Dana?

Investasi merupakan hal yang banyak dilakukan untuk menambah pundi-pundi uang tiap bulannya. Ada banyak jenis investasi baik jangka Panjang maupun jangka pendek. Investasi emas atau reksa dana merupakan merupakan contoh investasi yang banyak digunakan.

Hal ini dikarenakan investasi emas dan reksa dana memiliki resiko yang sedikit dibandingkan dengan investasi yang lainnya. Tak hanya itu, keuntungan yang diperoleh juga besar hanya dengan modal yang lebih kecil.

Oleh karena itu, emas ataupun reksa dana ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula melakukan investasi.

Perbedaan Investasi Emas Dan Reksa Dana

Sebelum mengetahui banyak perbedaan investasi emas atau reksa dana, kita cari tahu dulu apa itu investasi emas dan investasi reksa dana. Investasi emas merupakan investasi yang mudah dibeli dan dijual. Tak hanya itu investasi ini juga lebih praktis dalam urusan administrasi.

Sedangkan investasi reksa dana merupakan salah satu investasi baru. Lahirnya investasi ini saat maraknya investasi saham dan pasar uang yang menawarkan bermacam jenis investasi di dalamnya. Resiko yang dimiliki reksa dana juga tergolong rendah.

Baca Juga :   Aplikasi Tamasia Beli Emas Online

Investasi emas atau reksa dana ini sangat cocok untuk Anda para pemula karena resikonya yang rendah. untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak perbedaan antara keduanya berikut ini:

1. Investasi Reksa Dana Bisa Dibeli Secara Online

Sangat menguntungkan jika Anda bisa membeli investasi melalui online, jadi Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi perusahaannya. Berbeda dengan investasi emas yang memiliki bentuk fisik, jadi harus membelinya langsung ke tempatnya.

2. Dana Minimum Reksadana Lebih Kecil

Untuk memulai investasi reksa dana Anda cukup memulai dengan dana minimal 100 ribuan. Dengan dana itu Anda sudah mendapatkan fasilitas yang mudah diakses di seluruh penjuru dunia. Anda juga bisa melihat perkembangan investasi melalui  online.

Sedangkan jika Anda berinvestasi emas, Anda harus tahu harga emas per gramnya saat itu. Anda bisa melihatnya di situs produsen resmi logam murni Indonesia yaitu PT. ANTAM. Jika harga emas saat itu misal 500 ribu, jadi Anda harus menyiapkan dana minimal 500 ribu.

3. Investasi Emas Rawan Hilang

Investasi emas ini memiliki bentuk fisik berupa logam mulia, jadi rawan hilang jika Anda ceroboh dalam menyimpannya. Anda harus benar-benar memastikan tempat penyimpanan yang sangat aman, agar terhindar dari risiko hilang.

Sedangkan investasi reksa dana tidak memiliki bentuk fisik, jadi resiko hilangnya pun sangat kecil. Anda juga tidak perlu cemas dimana tempat penyimpanan. Hal ini dikarenakan reksa dana akan disimpan secara aman di bank kustodian.

Baca Juga :   Mulai Investasi Reksa Dana di Bibit

4. Tidak Ada Istilah Diversifikasi Dalam Investasi Emas

Diversifikasi adalah cara untuk menyebar investasi tidak hanya dalam satu tempat namun di banyak tempat, dan reksa dana menggunakan cara ini untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu resiko kerugian pada reksa dana sangat kecil.

Berbeda dengan investasi emas, jika emas Anda harus bersiap-siap jika sewaktu-waktu harga emas anjlok. Anda hanya memiliki dua pilihan agar terhindar dari kerugian, memilih untuk tetap bertahan atau menjualnya.

Penutup

Itulah tadi perbedaan antara investasi emas dan reksa dana. Tentu investasi emas atau reksa dana keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda saat ini.

Sebenarnya apapun pilihan Anda, selama Anda pandai dalam mengelola, maka keuntungan besar akan Anda dapatkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *