Stockbit, Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik dan Terdaftar di OJK

Belakangan ini, aktivitas finansial berupa investasi menjadi hal yang begitu populer di kalangan masyarakat. Beberapa instrumen investasi tersedia dalam berbagai cara dan keuntungan yang beragam menurut jenis instrumen investasinya masing-masing. 

Salah satu investasi yang cukup populer di tengah masyarakat belakangan ini yaitu investasi saham. Berinvestasi saham saat ini pun semakin mudah dilakukan dengan banyaknya aplikasi saham terbaik yang membantu Anda sebagai investor mengelola investasi saham Anda.

Salah satu aplikasi saham terbaik yang paling banyak digunakan dan direkomendasikan oleh para investor adalah menggunakan aplikasi Stockbit. Aplikasi saham yang banyak membantu para investor pemula dalam melakukan investasi di pasar saham. 

Stockbit sendiri banyak digunakan oleh para investor untuk berinvestasi saham karena merupakan aplikasi yang terpercaya dengan banyak fitur yang memudahkan dan sangat membantu para trader maupun investor dalam melakukan investasi.

Apa Itu Stockbit?

Stockbit, Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik

Stockbit awalnya merupakan sebuah aplikasi yang pada dasarnya memiliki konsep layaknya media sosial yang ditujukan untuk para investor. Didirikan pada tahun 2013 oleh Johny Susanto dan Wellson Lo, Stockbit memiliki tujuan awal sebagai platform yang memberikan wadah bagi masyarakat investor dalam hal analisis dan review profil saham serta berdiskusi antar sesama investor. Seiring perkembangannya, Stockbit menjadi aplikasi atau platform yang memiliki kekuatan di dalam pasar saham profesional.

Analisis dan review serta riset mengenai saham, dilakukan oleh masyarakat investor yang juga dapat membantu para investor dalam pengambilan keputusan untuk melakukan investasi. Hal tersebut tentu menjadikan Stockbit aplikasi saham terbaik yang beda daripada aplikasi saham yang lain. Keunggulan tersebut ditambah lagi dengan fitur di dalam aplikasi yang mendukung pengguna untuk melakukan pembukaan rekening saham secara online dan melakukan transaksi jual beli saham di dalam aplikasi.

Hadirnya aplikasi Stockbit ini memberikan warna baru dalam perkembangan dunia investasi saham yang membuat lebih banyak lagi masyarakat yang melakukan investasi di dunia saham karena Stockbit memberikan kemudahan dan keunggulan yang sangat membantu para pengguna terutama investor pemula. 

Stockbit juga memberikan warna dan cara baru dalam hal komunikasi antar sesama investor yang bahkan semua investor tanpa terkecuali, memiliki kesempatan yang sama untuk dapat berdiskusi dengan investor yang lain, meskipun belum saling mengenal dan berasal dari sekuritas yang berbeda, karena hal tersebut sebelumnya hanya terjalin dalam forum internal sekuritas tempat para investor mendaftarkan diri.

Kelebihan Stockbit Sebagai Aplikasi Saham Terbaik

Kelebihan Stockbit Sebagai Aplikasi Saham Terbaik

Stockbit sebagai platform dan aplikasi saham terbaik yang memberi kemudahan bagi para investor dalam melakukan investasi di dunia saham, memiliki beberapa kelebihan yang membuat Stockbit sendiri menjadi platform besar yang banyak digunakan oleh para investor. Kelebihan-kelebihannya, antara lain:

1. Desain tampilan dan User Interface yang friendly

Aplikasi Stockbit menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan dan direkomendasikan oleh para investor karena memiliki tampilan aplikasi yang sederhana dan mudah dipahami. Desain User Interface yang simpel, bagus, serta mudah digunakan dan dipahami membuat para investor tidak mengalami kesulitan saat menggunakan aplikasi ini, bahkan pengguna awal atau investor pemula pun dapat dengan mudah dan cepat untuk memahami user interface dari Stockbit.

2. Berbagai fitur dan menu yang unik

Selain memiliki tampilan user interface yang bagus, sederhana, dan mudah digunakan, aplikasi Stockbit dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang unik dan pilihan menu yang membedakan Stockbit dengan aplikasi yang serupa lainnya.  Fitur yang menjadi unggulan Stockbit, salah satunya yaitu fitur Stream. Fitur Stream ini merupakan fitur yang memberikan fasilitas layaknya media sosial. Selain fitur, menu yang ada di dalam Stockbit juga sangat beragam yang membuatnya unggul dibanding aplikasi serupa lainnya.

3. Fee transaksi yang murah

Melakukan transaksi jual atau beli di dalam aplikasi saham terbaik Stockbit ini akan dikenakan fee atau biaya untuk tiap transaksi yang terjadi. Fee yang ditetapkan dalam aplikasi Stockbit pun tergolong murah, untuk transaksi jual, akan dikenakan fee sebesar 0,20 persen, sedangkan transaksi beli, akan dikenakan fee sebesar 0,10 persen. Nilai tersebut termasuk murah dibandingkan dengan sekuritas lain.

4. Adanya fitur layanan live support

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Stockbit memiliki tampilan dan desain User Interface yang mudah dipahami, namun saat pengguna mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi, Stockbit menyediakan tutorial atau panduan yang bisa diakses melalui website resmi Stockbit. 

Selain itu, Stockbit juga menyediakan layanan live support yang memungkinkan pengguna dapat melakukan chat langsung dengan team support yang memberikan respons cepat dalam membantu menangani kesulitan yang pengguna alami.

5. Fitur Order dan Sell Otomatis

Salah satu kelebihan dari aplikasi Stockbit sebagai aplikasi saham terbaik dan beragam fitur unggulan adalah, adanya fitur order seperti Stop Loss, Trailing Stop, GTC yang merupakan fitur yang penting terlebih bagi para investor yang tidak memiliki banyak waktu untuk memantau pergerakan saham. 

Fitur tersebut akan sangat membantu untuk para investor terlebih bagi non full-time investor. Fitur yang berkaitan dengan fungsi – fungsi tersebut dalam Stockbit ada juga Bernama fitur Price Alert yang membantu pengguna untuk ter notifikasi saat harga saham telah mencapai harga tertentu. 

6. Info mutasi Saldo, realized gains, dan history

Pengecekan mutasi saldo bisa dilakukan dengan membuka history order yang bisa disesuaikan sesuai time frame yang Anda inginkan. Misal transaksi 1 bulan lalu, 3 bulan lalu, hingga semua transaksi yang pernah dilakukan.  

Selain itu, Stockbit juga memiliki fitur baru Bernama realized gains yang mana fitur ini akan merekapitulasi seluruh keuntungan yang telah dihasilkan oleh investor. Fitur ini meskipun tidak terlalu vital, akan tetapi sangat membantu investor untuk mengetahui berapa total keuntungan dari saham yang telah mereka hasilkan. Hal ini akan membangkitkan semangat para investor untuk terus berkembang dalam dunia saham.

Sebagai aplikasi saham terbaik, Stockbit memiliki beberapa fitur hanya bisa diakses oleh akun Pro. Saat pengguna mendaftarkan diri sebagai pemilik akun di aplikasi Stockbit ini, ada dua jenis atau kategori akun, yaitu akun pro dan akun reguler. 

Meskipun Stockbit sendiri memiliki beragam fitur unggulan yang memberi kemudahan dan keuntungan bagi para pengguna, beberapa fitur terbaik dari aplikasi Stockbit hanya bisa diakses oleh pemilik akun Pro. Akun pro sendiri bisa Anda dapatkan dengan cara berlangganan terlebih dahulu.

Namun, semenjak Stockbit mengakuisisi Mahakarya Artha sekuritas, kini semua fitur pro Stockbit dapat dinikmati dengan gratis oleh investor asalkan investor bergabung menjadi nasabah Stockbit Sekuritas.

Sedikit kekurangan yang dimiliki aplikasi Stockbit tersebut pada kenyataannya tetap menjadikan Stockbit sebagai aplikasi dengan basis pengguna yang cukup besar dengan fitur – fitur unggulannya yang memberikan kemudahan dalam melakukan investasi bagi para investor.

Fitur Unggulan Aplikasi Stockbit

Stockbit sebagai aplikasi yang membantu para investor dalam melakukan investasi saham memiliki beberapa fitur unggulan, yaitu:

1. Social

Fitur utama yang paling menonjol dan menjadikan Stockbit sebagai aplikasi saham terbaik diantara aplikasi serupa lainnya, adalah fitur media sosial yang terdapat di menu Stream. Pada menu stream tersebut, pengguna melakukan komunikasi dan diskusi dengan investor lainnya. 

Selain itu, pada menu stream, pengguna pun dapat melihat dan menulis status yang bisa dibagikan ke halaman update dari menu stream yang berisikan analisa, ajakan diskusi, saran, prediksi, review, dan sebagainya. Adanya fitur tersebut bisa dimanfaatkan sebagai saran ataupun referensi para investor sebelum menentukan langkah investasi.

Selain itu, aplikasi Stockbit juga menyediakan fitur chat personal yang bisa dilakukan secara privat antara dua orang investor. Lebih menariknya lagi, saat investor memberikan informasi yang bermanfaat, investor lain bisa memberikan tip kepada pemberi informasi.

2. Chartbit

Pada dasarnya, dalam aplikasi Stockbit, terdapat fitur Chart standar yang secara umum menyajikan analisa saham dalam bentuk grafik. Namun, sedikit berbeda dengan charbit. Chartbit sendiri merupakan fitur menu yang memiliki fungsi untuk melakukan analisa pergerakan saham baik analisa dari segi teknikal maupun fundamental, dan memprediksi harga saham secara real time dalam beberapa pilihan indikator berbentuk chart.

Pada fitur charbit ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat rumus atau analisa sendiri dengan menggunakan drawing tools yang ada pada menu fitur charbit. Fitur ini bisa ditemukan baik dalam aplikasi maupun versi website, namun sayangnya, fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna dengan akun Pro.

3. Fitur Trading Saham Basic

Secara umum, aplikasi Stockbit memberikan fitur basic atau standar dari sebuah aplikasi yang memberi akses transaksi investasi seperti fitur chart, fitur watchlist saham, data finansial dan profil emiten, orderbook, dan kanal berita – berita yang berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan pasar modal. 

Aplikasi saham terbaik Stockbit juga mendukung investasi jenis reksadana, namun tidak dalam aplikasi Stockbit sendiri, melainkan melalui perantara dengan menyambungkan dan mengarahkan ke aplikasi lain yang berada di bawah manajemen dan pengembang yang sama.

Fitur Stockbit Pro

Stockbit memiliki banyak fitur-fitur yang bisa diakses oleh semua tipe akun (standar dan Pro). Namun, pengguna akan mendapatkan fitur-fitur tambahan lainnya yang lebih lengkap dan memiliki fungsi yang lebih beragam dengan akun Pro. Untuk bisa memiliki akun Pro tersebut, Anda diharuskan berlangganan dengan pilihan biaya sebagai berikut:

  • Masa aktif 1 bulan : Rp 250.000 / per bulan
  • Masa aktif 6 bulan : Rp 200.000 / per bulan (total Rp 1.200.000)
  • Masa aktif 12 bulan : Rp 150.000 / per bulan (total Rp 1.800.000)

Saat memiliki akun Pro, Anda bisa mengakses fitur tambahan lainnya, seperti Bandarmology yang memberikan akses broker summary yang berguna bagi investor scalper. Fitur tambahan lainnya seperti Hotlist yang memberikan informasi mengenai saham-saham apa saja yang mengalami pergerakan drastis. 

Ada lagi fitur tambahan saat Anda memiliki akun Pro yaitu fitur Seasonality yang membantu investor untuk mengetahui trend saham pada suatu emiten, misalnya pada bulan apa atau kondisi apa yang membuat harga saham naik atau turun. Fitur ini sangat membantu bagi para investor untuk mengambil keputusan.

Demikian sedikit ulasan mengenai aplikasi Stockbit, salah satu aplikasi saham terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang memberikan keuntungan bagi para pengguna dan berbagai keunggulan yang semakin memberikan kemudahan dan membantu para investor baik investor pemula maupun investor berpengalaman dalam melakukan investasi saham dan mencapai tujuan investasi.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *