Bagian-Bagian Track Excavator: Apa Saja, Fungsinya, dan Jenis-Jenisnya

Bagian-Bagian Track Excavator
Bagian-Bagian Track Excavator

Track excavator adalah salah satu jenis alat berat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi, pertambangan, pertanian, dan lain-lain. Track excavator memiliki ciri khas berupa roda rantai (track) yang digunakan untuk bergerak di berbagai jenis medan. Track excavator juga memiliki lengan (boom) dan sendok (bucket) yang dapat digerakkan secara fleksibel untuk melakukan berbagai fungsi, seperti menggali, mengangkat, membongkar, dan meratakan tanah.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu bagian-bagian track excavator, apa fungsi masing-masing bagian, dan apa saja jenis-jenis track excavator yang ada di pasaran. Mari kita mulai!

Bacaan Lainnya

Bagian-Bagian Track Excavator

Track excavator terdiri dari dua bagian utama, yaitu undercarriage dan upperstructure. Undercarriage adalah bagian bawah track excavator yang berisi komponen-komponen untuk pergerakan dan stabilitas alat berat. Upperstructure adalah bagian atas track excavator yang berisi komponen-komponen untuk pengoperasian dan pengendalian alat berat.

Berikut adalah tabel yang menjelaskan bagian-bagian track excavator beserta fungsinya:

BagianFungsi
UndercarriageBagian bawah track pada excavator yang berisi komponen-komponen untuk pergerakan dan stabilitas alat berat
TrackRangkaian pelat baja yang dihubungkan dengan pin baja yang digunakan untuk bergerak di berbagai jenis medan
Track sprocketRoda bergigi yang digerakkan oleh motor hidrolik dan sistem persneling yang memberikan daya ke track
Track rollerRoller yang menopang track dan memungkinkan track berputar dengan lancar
Track frameRangka baja persegi panjang yang kokoh yang menempel pada bodi track di sisi-sisinya
Front idlerRoda depan yang menegangkan track dan menjaga agar tidak melorot
BladeBagian tambahan yang berbentuk seperti pisau dozer yang dapat digunakan untuk memindahkan material setelah pembersihan tanah
UpperstructureBagian atas track pada excavator yang berisi komponen-komponen untuk pengoperasian dan pengendalian alat berat
Cab / KabinTempat di mana operator mengontrol pergerakan dan fungsi track excavator
BoomLengan besar yang dapat digerakkan naik dan turun oleh boom cylinder
ArmLengan kecil yang dapat digerakkan maju dan mundur oleh arm cylinder
BucketSendok yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah oleh bucket cylinder dan digunakan untuk mengeruk, mengangkat, atau memindahkan material
Boom cylinderTabung hidrolik yang menggerakkan boom naik dan turun
Arm cylinderTabung hidrolik yang menggerakkan arm maju dan mundur
Bucket cylinderTabung hidrolik yang menggerakkan bucket ke atas dan ke bawah

Mengapa Bagian-Bagian Track Excavator Penting?

Bagian-bagian track pada excavator penting karena menentukan kinerja, efisiensi, dan keamanan alat berat tersebut. Dengan mengetahui bagian-bagian track excavator dan fungsinya, kita dapat memilih jenis track pada excavator yang sesuai dengan kebutuhan proyek, melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin, serta menghindari kerusakan atau kecelakaan kerja.

Bagian-bagian track pada excavator yang sering mengalami kerusakan atau aus antara lain adalah track, track sprocket, track roller, front idler, boom cylinder, arm cylinder, dan bucket cylinder. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian secara berkala agar track excavator dapat beroperasi dengan optimal.

Jenis-Jenis Track Excavator

Track pada excavator memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran, kapasitas, fungsi, dan fitur-fiturnya. Berikut adalah beberapa jenis track di excavator yang umum digunakan di Indonesia:

  1. Mini Track
    Track pada excavator berukuran kecil yang cocok untuk proyek-proyek skala kecil atau di tempat yang sempit. Biasanya memiliki bobot di bawah 6 ton dan bucket di bawah 0,5 meter kubik.
  2. Midi Track
    Track pada excavator berukuran sedang yang cocok untuk proyek-proyek skala menengah atau di tempat yang cukup luas. Biasanya memiliki bobot antara 6 hingga 10 ton dan bucket antara 0,5 hingga 1 meter Kubik.
  3. Standard Track
    Track di excavator berukuran besar yang cocok untuk proyek-proyek skala besar atau di tempat yang luas. Biasanya memiliki bobot di atas 10 ton dan bucket di atas 1 meter kubik.
  4. Long Reach Track
    Track pada excavator yang memiliki boom dan arm yang lebih panjang dari biasanya, sehingga dapat mencapai jarak yang lebih jauh. Biasanya digunakan untuk proyek-proyek penggalian, pengerukan, atau pembongkaran.
  5. Amphibious Track
    Track di excavator yang dapat beroperasi di darat maupun di air. Biasanya memiliki track yang lebih lebar dan ringan, serta dilengkapi dengan ponton atau perahu untuk mengapung di air. Biasanya digunakan untuk proyek-proyek pengerukan, reklamasi, atau konservasi lingkungan.
Baca Juga :   Apa itu Arm Cylinder Excavator, Komponen dan Fungsinya

Kesimpulan

Track pada excavator adalah alat berat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi, pertambangan, pertanian, dan lain-lain. Track ini memiliki ciri khas berupa roda rantai (track) yang digunakan untuk bergerak di berbagai jenis medan. Track excavator juga memiliki lengan (boom) dan sendok (bucket) yang dapat digerakkan secara fleksibel untuk melakukan berbagai fungsi.

Track excavator terdiri dari dua bagian utama, yaitu undercarriage dan upperstructure. Undercarriage adalah bagian bawah track pada excavator yang berisi komponen-komponen untuk pergerakan dan stabilitas alat berat. Upperstructure adalah bagian atas track excavator yang berisi komponen-komponen untuk pengoperasian dan pengendalian alat berat.

Bagian-bagian track pada excavator penting karena menentukan kinerja, efisiensi, dan keamanan alat berat tersebut. Dengan mengetahui bagian-bagian track dan fungsinya, kita dapat memilih jenis track yang sesuai dengan kebutuhan proyek, melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin, serta menghindari kerusakan atau kecelakaan kerja.

Track excavator ini memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran, kapasitas, fungsi, dan fitur-fiturnya. Beberapa jenis track untuk excavator yang umum digunakan di Indonesia antara lain adalah mini track, midi track, standard track, long reach track, dan amphibious track.

Demikian artikel tentang apa itu bagian-bagian track excavator. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang alat berat. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat tentang topik ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga :   Duolingo: Belajar Bahasa Asing dengan Mudah dan Menyenangkan

Terima kasih telah membaca!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *