Upper Structure Excavator: Komponen, Fungsi, Manfaat, dan Cara Merawatnya dengan Mudah

Komponen Upper Structure Excavator
Komponen Upper Structure Excavator

Excavator adalah alat berat yang sering digunakan untuk pekerjaan konstruksi, pertambangan, perkebunan, dan lainnya. Excavator memiliki tiga bagian utama, yaitu revolving unit (bagian atas yang dapat berputar), travelling unit (bagian bawah untuk berpindah tempat), dan attachment (bagian-bagian tambahan). Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang komponen upper structure excavator, yaitu bagian atas yang dapat berputar.

Baca Juga : Mengenal Bagian-Bagian Utama Excavator Wajib Diketahui

Bacaan Lainnya

Apa itu Upper Structure Excavator?

Upper structure excavator adalah bagian excavator yang terletak di atas swing gear, yaitu mekanisme yang memungkinkan excavator berputar 360 derajat. Upper structure excavator terdiri dari beberapa komponen penting, antara lain:

  1. Cabin
    Ruang pengoperasian dan pengendalian excavator yang ditempati oleh operator. Cabin dilengkapi dengan sistem kontrol, seperti joystick, pedal, monitor, dan lainnya.
  2. Engine
    Mesin diesel yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan excavator. Engine biasanya dilengkapi dengan sistem pendingin, sistem bahan bakar, sistem pelumasan, dan sistem pembuangan.
  3. Motor swing
    Motor hidrolik yang menggerakkan swing gear untuk memutar upper structure excavator. Motor swing biasanya terletak di belakang engine.
  4. Boom
    Lengan besar yang terhubung langsung ke upper structure excavator. Boom berfungsi untuk mengayunkan arm dan bucket lebih jauh.
  5. Arm
    Lengan panjang yang menyambung pada bucket. Arm berfungsi untuk mengayunkan bucket ke depan dan ke belakang.
  6. Bucket
    Keranjang yang berfungsi sebagai alat keruk dan wadah beban material. Bucket memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi sesuai dengan jenis pekerjaan.
  7. Silinder
    Aktuator hidrolik yang menggerakkan boom, arm, dan bucket. Silinder terdiri dari silinder boom, silinder arm, dan silinder bucket.
Baca Juga :   Perbedaan Antara Bi Fast dan Transfer Online: Pilih Metode yang Tepat untuk Keperluan Anda

Berikut adalah gambar ilustrasi dari komponen upper structure excavator:

Fungsi dan Manfaat Upper Structure Excavator

Upper structure excavator memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut:

  1. Mengatur semua proses kerja pada excavator, seperti gerakan travel, swing, boom, arm, bucket, dan attachment lainnya.
  2. Menyediakan ruang yang nyaman dan aman bagi operator untuk mengoperasikan excavator.
  3. Menghasilkan tenaga yang cukup untuk menggerakkan excavator dan attachmentnya.
  4. Memungkinkan excavator untuk berputar 360 derajat sehingga dapat bekerja di berbagai arah dan sudut.
  5. Memperluas jangkauan gerak bucket sehingga dapat menjangkau area yang lebih luas dan dalam.
  6. Menyesuaikan bentuk dan ukuran bucket sesuai dengan jenis material dan pekerjaan yang dilakukan.

Cara Merawat Upper Structure Excavator

Untuk menjaga kinerja dan keawetan upper structure excavator, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawatnya, antara lain:

  1. Melakukan pemeriksaan rutin sebelum dan sesudah menggunakan excavator. Periksa kondisi cabin, engine, motor swing, boom, arm, bucket, silinder, dan komponen lainnya. Pastikan tidak ada kerusakan, kebocoran, atau kotoran yang mengganggu fungsi komponen tersebut.
  2. Melakukan pelumasan secara berkala pada bagian-bagian yang bergesekan atau berputar, seperti swing gear, pin, bushing, bearing, dan lainnya. Gunakan pelumas yang sesuai dengan spesifikasi komponen tersebut.
  3. Membersihkan upper structure excavator dari debu, lumpur, atau material lainnya yang menempel setelah digunakan. Gunakan air bersih dan sikat atau lap untuk membersihkan komponen tersebut. Hindari menggunakan air bertekanan tinggi atau bahan kimia yang dapat merusak komponen tersebut.
  4. Melakukan perawatan berkala sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan atau mekanik. Perawatan berkala meliputi penggantian filter, oli, bahan bakar, dan komponen lainnya yang sudah aus atau rusak. Perawatan berkala juga meliputi penyetelan, kalibrasi, dan pengujian fungsi komponen tersebut.
Baca Juga :   Download Config GCam iPhone 14 Pro Max Nikita

Kesimpulan

Upper structure excavator adalah bagian atas yang dapat berputar pada excavator. Upper structure excavator terdiri dari beberapa komponen penting, seperti cabin, engine, motor swing, boom, arm, bucket, dan silinder.

Upper structure excavator memiliki fungsi dan manfaat untuk mengatur semua proses kerja pada excavator, menyediakan ruang yang nyaman dan aman bagi operator, menghasilkan tenaga yang cukup untuk menggerakkan excavator dan attachmentnya, memungkinkan excavator untuk berputar 360 derajat, memperluas jangkauan gerak bucket, dan menyesuaikan bentuk dan ukuran bucket.

Untuk menjaga kinerja dan keawetan upper structure excavator, perlu dilakukan pemeriksaan rutin, pelumasan berkala, pembersihan setelah digunakan, dan perawatan berkala sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *