Jumat, 27 Januari 2023
BerandaUmumCara Translate Aksara Jawa ke Indonesia dengan Mudah

Cara Translate Aksara Jawa ke Indonesia dengan Mudah

Bahasa Jawa merupakan salah satu muatan lokal yang masih ada di jenjang pendidikan formal. Bahkan, bahasa Jawa menjadi sebuah program studi sendiri yang dipelajari secara khusus di perguruan tinggi. Ada banyak hal yang akan Anda temui dalam materi ini, termasuk translate aksara Jawa.

Biasanya, translate aksara Jawa berada di segmen menulis aksara Jawa. Artinya, Anda tidak hanya dituntut untuk bisa menulis aksara Jawa hanacaraka, namun juga harus bisa membaca tulisan Jawa, bahkan mengartikannya.

Menariknya, kini Anda bisa translate aksara Jawa dengan mudah melalui aplikasi. Jadi, bagi yang belum terlalu menguasai materi aksara Jawa, pasti akan sangat terbantu oleh aplikasi tersebut.

Sebenarnya, kata yang tepat bukanlah translate, melainkan pengalih aksara atau transliterasi saja. Sebab, aplikasi hanya sekedar mengalihkan aksara tersebut ke bahasa latin, bisa bahasa Jawa maupun bahasa Indonesia tergantung kontennya.

Fakta Keberadaan Aksara Jawa di Sekitar Kita

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang saat ini hanya bisa menulis bahasa Jawa dalam aksara latin, bukan aksara Jawa. Padahal, aksara Jawa sering dipakai untuk menulis literatur-literatur, seperti babad, serat, primbon, dan kakawin.

Selain itu, aksara Jawa memiliki nilai sejarah yang tinggi dan sebagai wawasan nenek moyang kita. Jadi, jangan sampai budaya ini punah karena tidak bisa mengalih aksara ke bahasa latin.

Beruntung, berkat perkembangan teknologi, pembelajaran aksara Jawa menjadi lebih mudah. Anda bisa memanfaatkan kamus hingga aplikasi untuk belajar aksara Jawa. Mulai dari huruf hanacaraka, pasangan, hingga penulisan re atau le.

Cara Translate Aksara Jawa ke Indonesia dan Sebaliknya

Cara Translate Aksara Jawa Ke Indonesia Dengan Mudah

Ada dua tahapan untuk bisa translate aksara Jawa ke Indonesia. Pertama, Anda harus mengubah aksara Jawa ke aksara latin. Kedua, Anda baru bisa menerjemahkan aksara latin ke bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah tiga cara translate aksara Jawa hanacaraka yang bisa Anda ikuti. Yuk, simak!

1. Melalui Website

Cara pertama yaitu melalui website tertentu. Ada beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk translate aksara Jawa ke latin secara gratis. Namun, kami hanya akan merekomendasikan situs Bennylin. 

Mengapa? Alasannya karena asal pengembangan tool transliterasi aksara Jawa ini bermula dari situs ini. Selengkapnya terkait tutorial translate aksara Jawa melalui situs Bennylin, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka situs Bennylin Nulisa Aksara Jawa.
  • Maka, akan muncul dua form yang bisa Anda pakai. Form pertama (bagian atas) untuk translate aksara latin ke Jawa. Sementara, form kedua (bagian bawah) untuk translate aksara Jawa ke latin. Silahkan pilih form sesuai kebutuhan Anda.
  • Sebagai contoh, Anda akan translate kata “kemerdekaan” ke aksara Jawa. Maka, silahkan ketik kata tersebut ke form pertama. Hasil alih aksara akan menampilkan aksara Jawa dari kata “kemerdekaan”
  • Sebaliknya, jika Anda akan translate aksara Jawa ke latin, gunakan form yang kedua (bagian bawah). Caranya, silahkan tulis secara manual atau copy aksara Jawa, lalu paste ke form tersebut. Kemudian, klik “Transliterasi Jawa > latin” untuk melihat hasil alih aksara ke latin. Selesai. 

Di web ini, Anda bisa mengatur parameter transliterasi, seperti penggunaan murda, diftong, spasi, dan sebagainya. Semuanya sudah ada penjelasannya di web. Jadi, bisa Anda pelajari lebih lanjut.

Nah, untuk mencegah munculnya pangkon di tengah kalimat, hidupkan opsi “Tanpa spasi”. Ingat bahwa teks-teks hasil transliterasi tidak bisa di tempel maupun di cetak di Microsoft Word karena belum support. Sebagai gantinya, Anda bisa pakai aplikasi Libre Office atau Open Office.

2. Menggunakan Aplikasi Android

Selain translate aksara Jawa online melalui web, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti berikut. Perlu Anda ketahui, keseluruhan aplikasi tersebut tetap mengacu pada program yang sudah web Bennylin kembangkan karena memang semuanya bermula dari situ.

A. Aplikasi Aksara Jawa

Rekomendasi aplikasi translate aksara Jawa pertama yaitu Aksara Jawa. Aplikasi ini sudah rilis sejak tahun 2016 dan diunduh lebih dari 1 juta kali. Untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut.

  • Unduh dan install aplikasi Aksara Jawa.
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut
  • Pilih menu Latin, lalu Aksara Jawa. Atau, Anda juga bisa pilih Aksara Jawa, lalu Latin tergantung kebutuhan
  • Misalnya, Anda akan translate Latin > Aksara Jawa. Maka, ketik tulisan latin di kolom bertuliskan “Latin”
  • Setelah itu, klik Latin>Aksara Jawa
  • Klik tombol “Translate”
  • Akan muncul huruf aksara Jawanya
  • Anda bisa menyimpan hasil translate dalam bentuk gambar atau langsung membagikannya.

Sayangnya, aplikasi ini tidak mendukung fitur copy paste. Jadi, Anda harus mengetiknya secara manual.

B. Aplikasi Nulis Aksara Jawa

Selain Aksara Jawa, Anda juga bisa pakai aplikasi Nulis Aksara Jawa. Aplikasi ini rilis tahun 2014 dan diunduh 1 juta kali. Untuk menggunakannya, ikuti langkahnya di bawah ini.

  • Unduh dan pasang aplikasi Aksara Jawa – Nulis Aksara Jawa
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut
  • Ketik kata latin yang akan Anda ubah ke aksara Jawa, lalu klik tombol refresh untuk melihat hasilnya
  • Anda bisa menyimpan hasil translate atau copy ke media lainnya.

Kekurangan aplikasi ini hanya bisa translate huruf latin ke aksara jawa, tidak sebaliknya. Perhatikan juga cara penggunaannya lebih detail di petunjuk aplikasi. Sebab, ada aturan tertentu yang bisa menyebabkan hasil konversi keliru.

3. Menggunakan Kamera

Tidak hanya web Bennylin dan aplikasi translate aksara Jawa, Anda juga bisa pakai kamera untuk alih aksara Jawa ke latin. Aplikasi kamera tersebut yaitu Bagaskara yang dikembangkan oleh Priayudha Akadita S.Nah, itulah tiga cara translate aksara Jawa yaitu melalui web, aplikasi, dan kamera. Dari ketiga cara diatas, manakah yang menurut Anda paling mudah dipakai?

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular