Rabu , 27 Oktober 2021
Investasi Emas Melalui Aplikasi Digital Mulai Dari 10 Ribuan
Investasi Emas Melalui Aplikasi Digital Mulai Dari 10 Ribuan

Investasi Emas Melalui Aplikasi Digital

Kunci dari keberhasilan finansial jangka panjang adalah mempersiapkannya mulai dari sekarang, seperti mengalokasikan untuk investasi emas, saham, atau aset tidak bergerak. Bahkan cara ini sangat dianjurkan oleh para penasihat keuangan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Selain terpenuhinya kebutuhan jangka panjang, juga bisa mengurangi beban tabungannya, karena dengan berinvestasi modal akan senantiasa berkembang. Tetapi tidak berarti selalu menguntungkan, terdapat risiko kegagalannya, terutama apabila berinvestasi di sektor fluktuatif seperti saham.

Langkah terbaik apabila ingin mendapatkan keuntungan tetapi minim risiko adalah berinvestasi pada instrumen yang cenderung stabil. Emas atau logam mulia salah satunya, terbukti harganya cukup stabil tetapi setiap tahun harganya selalu naik.

Investasi Emas Melalui Aplikasi Digital Modal 10 Ribuan

Manfaat Investasi Emas untuk Jangka Panjang

Banyak orang menganggap bahwa emas digunakan sebagai perhiasan saja, namun sebenarnya ada fungsi lain ketika memiliki logam mulia ini, yaitu sebagai salah satu instrumen investasi. Bahkan cenderung diminati karena memiliki beberapa manfaat seperti berikut :

1. Nilai Cenderung Stabil

Logam mulia ini sudah sangat banyak dikenal oleh masyarakat sebagai alat tukar yang stabil, pada abad ke pertengahan juga digunakan sebagai mata uang. Kestabilan harganya ini membuatnya terlindung ketika terjadi inflasi, nilainya cenderung tetap dan bahkan naik.

2. Instrumen Investasi Minim Risiko

Diantara banyaknya instrumen dalam berinvestasi logam mulia ini cenderung harganya stabil, sehingga minim risiko. Sangat cocok sebagai instrumen investasi emas pemula atau digunakan untuk melakukan diversifikasi portofolio.

Baca Juga :   Cara Beli Saham di Ajaib untuk Pemula

Dengan demikian ketika salah satu nilai sedang turun, risikonya tidak begitu besar. Bahkan pergerakannya terkadang berlawanan dengan saham, ketika saham turun justru biasanya emas sedang naik tinggi harganya.

3. Liquiditas Tinggi

Kestabilan nilainya serta tingginya permintaan membuat emas menjadi salah satu instrumen yang sangat mudah untuk diperjual belikan. Hal ini membuatnya sebagai aset yang sangat liquid, sehingga mudah mendapatkan uang kembali ketika suasana sedang krisis.

4. Harganya Cenderung Naik Setiap Tahunnya

Menjadi salah satu instrumen paling favorit karena harganya cenderung naik setiap tahunnya, walaupun kenaikannya rendah, tetapi apabila diakumulasi selama beberapa tahun, nilainya bisa sangat besar sekali. Rata – rata bahkan mencapai 4 – 10%, bergantung kondisi keuangan global.

Cara Investasi Emas bagi Generasi Milenial

Generasi milenial merupakan salah satu generasi yang mulai memperhatikan kondisi finansialnya secara jangka panjang, karenanya semangat investasinya sangat tinggi. Namun apabila tidak dibarengi dengan cara yang tepat justru akan merugikan, berikut beberapa caranya.

1. Merumuskan Tujuan Investasi

Kesalahan pertama biasanya adalah salah dalam memahami tujuan berinvestasi, yaitu semata – mata mendapatkan keuntungan. Perlu dipahami berinvestasi merupakan cara memenuhi kebutuhan jangka panjang dengan memanfaatkan perkembangan harganya.

Sehingga tidak semata – mata mencari keuntungan saja, tetapi fokus memenuhi kebutuhan jangka panjangnya. Mindset ini dapat melindungi Kamu dari sikap impulsif, contohnya ketika harga sedang naik, langsung dijual, padahal bisa jadi 5 tahun ke depan harganya jauh lebih tinggi lagi.

2. Menentukan Model Investasinya

Ketika investasi emas ada banyak sekali pilihan model investasinya. Mulai dari menginvestasikan emasnya dalam bentuk fisik atau membeli dalam bentuk digital. Fisik juga beragam, bisa berupa perhiasan berbahan emas atau membeli emas murni (batangan).

Namun sangat direkomendasikan untuk memilih model digital saja, keunggulannya adalah mudah memantau kepemilikannya, bisa menambah atau top up dengan modal kecil seperti 100 ribuan, serta tidak perlu memikirkan tempat penyimpanannya.

Baca Juga :   Mulai Investasi Reksa Dana di Bibit

3. Membeli Emasnya dari Tempat Terpercaya

Cara terakhir adalah pastikan ketika membeli emasnya harus dari sumber atau toko terpercaya. Sangat sulit memang menilai apakah sebuah tokonya terpercaya atau tidak, apabila demikian bisa meminta rekomendasi dari orang – orang yang sudah berpengalaman.

Investasi Emas Online Kenapa Populer?

Ketika mencari platform atau aplikasi untuk berinvestasi logam mulia ini, akan muncul banyak sekali pilihannya. Hal ini menunjukkan bahwa tren berinvestasinya sudah mulai beralih ke ranah digital, tidak lagi seperti dulu yang menyimpannya dalam bentuk fisik.

1. Tidak Memerlukan Modal Awal yang Besar

Biasanya apabila ingin membeli logam mulia ini harus sesuai dengan satuannya, seperti 1 gram contohnya. Tentu saja apabila membeli secara satuan tersebut, harganya tidak sedikit, sehingga butuh modal besar. Tetapi apabila berinvestasi digital tidak harus sesuai satuannya.

Bisa berinvestasi mulai dari 100.000 rupiah, bahkan beberapa platform menawarkan modal lebih sedikit. Rendahnya modal awal ini membuat investasi emas berbasis digital sangat diminati.

2. Cara Pembelian yang Sangat Praktis

Sekarang apabila ingin membelinya tidak perlu datang langsung ke penyedia logamnya, tinggal memanfaatkan aplikasi saja. Caranya beragam, tetapi garis besarnya sama, yaitu tinggal top up ke akunnya lalu secara otomatis akan bertambah emasnya.

3. Mudah Memantau Perkembangannya

Apabila berinvestasi dalam bentuk logam mulia, cenderung sulit untuk memantau kepemilikan serta nilainya, perlu menghitung secara manual berapa gram yang dimilikinya, kemudian mengalikannya dengan harga saat ini.

Ketika investasi emas seluruh perhitungan dilakukan secara manual, baik jumlah asetnya hingga total nilai kepemilikan saat ini. Bahkan ada yang memiliki fitur perbandingan harga semula dengan harga sekarang, sehingga terlihat berapa persen kenaikannya.

4. Tingkat Keamanan Tinggi

Alasan terakhir adalah karena tingkat keamanannya tinggi, yaitu disimpan oleh pihak yang memiliki pengawasan terhadap barang berharga. Namun untuk memastikan investasinya aman, pastikan tidak membagikan informasi akun kepada orang lain.

Rekomendasi Aplikasi Investasi Emas Populer

Apabila tertarik untuk berinvestasi secara digital, ada banyak aplikasi penyedia layanan investasinya. Namun beberapa aplikasi berikut sangat direkomendasikan karena memiliki rating tinggi.

Baca Juga :   Keunggulan dan Cara Membeli Saham BRI (BBRI)

1. Tamasia

Memiliki rating sebesar 4,2 menunjukkan kepercayaan tinggi dari para usernya terhadap aplikasi ini. Yang membuatnya unik adalah mampu berinvestasi dari angka sangat kecil sekali, yaitu mulai dari 10.000 rupiah saja, sehingga sangat tidak memberatkan.

Selain itu terdapat fitur cetak emasnya, bisa dicetak sesuai ukuran, mulai dari berat 1 gram hingga 100 gram. Cetakannya juga dari Antam yang memiliki kadar 999.9 murni.

Jika kamu tertarik, silahkan daftar dan download aplikasinya sekarang juga melalui link dibawah ini

2. Pegadaian (Tokopedia)

Pegadaian membuka investasi emas tokopedia, yaitu salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Kerja sama antara Tokopedia dan Pegadaian ini memberikan kemudahan bagi pada investor pemula untuk menyisihkan sebagian dana belanjanya pada keperluan di masa mendatang

Keunggulan menggunakan platform ini adalah kemudahan dalam mengakses serta keamanannya. Selain itu sudah diawasi oleh OJK, sehingga investor tidak perlu khawatir uangnya hilang.

3. Indogold

Platform ini sudah berdiri dan berkecimpung di bidang ini sejak tahun 2009. Keunggulan menggunakan platfom ini adalah memiliki penawaran harga yang sangat bersaing. Kamu bisa memantau harganya dari website resminya.

4. Pluang

Aplikasi investasi emas rekomendasi berikutnya adalah Pluang. Selain terfokus pada investasi logam mulia, juga membuka instrumen lainnya, seperti saham S&P, dan reksadana. Banyaknya pilihan instrumennya memungkinkan Kamu untuk berdiversifikasi. Berinvestasi memang menjadi salah satu langkah terbaik untuk memastikan kebutuhan jangka panjang terpenuhi, ada banyak sekali pilihan investasinya, mulai dari risiko rendah hingga risiko tinggi. Investasi emas adalah salah satu contoh jenis instrumen yang cukup populer.

Yuk download Pluang dan dapatkan bonus uang hingga Rp. 500 ribu dengan memasukan kode ANGG966115.

Penutup

Pantau terus blog GIZNET.ID agar kamu mendapatkan update seputar saham dan investasi yang akan selalu kami perbaharui di sini dengan cara tekan tombol Izinkan.

About G I Z N E T I D

Avatar of G I Z N E T I D
Beta adalah huruf kedua Yunani (huruf besar B dan huruf kecil β). Huruf ini melambangkan fonem /b/ dalam bahasa Yunani Klasik, tetapi sekarang dilafalkan sebagai [v].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *